RSS

True Image

20 Nov

Membuat Image Partisi Hardisk


Mungkin kalian semua pernah mengalami kejadian buruk terhadap operating system Windows. Banyak yang bilang kalau pertama kali membeli sebuah komputer terasa speednya OK, tetapi seiring waktu terus berjalan timbul masalah pada OS tersebut. Ada beberapa faktor penyebabnya diantaranya adalah sbb:

1. Hardware

Hampir semua komponen apabila pemakaian dalam cukup lama akan mengalami kerusakan, biasanya adalah faktor listrik/sumber daya yang buruk dan penggunaan komponen yg kurang baik akan mempercepat umur hardware. Pastikan penggunaan kapasitor yang lebih banyak pada mainboard atau komponen lain. Akan tetapi biasanya harga hardware yang menggunakan banyak kapasitor akan lebih mahal harganya.

Hardisk memiliki komponen motor untuk memutar piringan, dalam jangka lama biasanya pergerakannya akan melemah dan terkadang menimbulkan bunyi yang agak berisik. Apabila mengalami hal ini siap-siaplah untuk menyelamatkan data.

2. Software

Inilah topik sebenarnya. Windows akan rusak atau menjadi lambat bisa disebabkan beberapa hal seperti Virus, Spyware, Malware dan sejenisnya, Terpragmentasinya file atau registry akibat hapus dan install dari banyak program, Temporary file yang tidak terhapus atau istilahnya file sampah.

Sebenarnya begitu banyak utility untuk memperbaiki OS tersebut, akan tetapi tidak akan 100% kembali seperti pertamakali baru di install. Ada beberapa utility untuk mengembalikan ke keadaan semula seperti defreeze, norton Ghost, Go Back dan lain – lain. Terus terang dahulu saya lebih suka Norton Ghost yang under DOS, kenapa? jawabannya karena apabila windows rusak dan tidak bisa booting masuk windows maka segala aplikasi windows termasuk utility tersebut tidak akan berfungsi. Masalahnya sesuai perkembangan jaman DOS hanya bisa boot apabila mengunakan format partisi FAT32 !!!. Sedangkan seperti kita ketahui FAT32 hanya mampu memformat untuk kapasitas hardisk sampai 80GB, walau ada juga utility untuk memformat memakai FAT32 lebih dari 80GB. Apabila kita menggunakan Defreeze akan memakan resource yang cukup besar, karena setiap kita booting akan mengembalikan partisi kekeadaan semula dan beresiko apabila kita lupa menyimpan data di partisi system, bisa hilang deh. maka saya akan mengambil jalan tengah yaitu menggunakan “TRUE IMAGE Versi 11.83053” Yang sudah pasti saya memiliki serial number-nya yaitu “xc9s6u8u8engxdltftgveu939”

Link downloadnya ada di: http://www.ziddu.com/download/12613789/TrueImage.jpg.html

atau download di situs resminya di:  http://www.acronis.com/enterprise/download/

Yang harus diperhatikan adalah kita harus membagi partisi hardisk minimal 2 partisi (Misal drive C:\ untuk system dan D:\ Untuk menyimpan data). Simpan Backup-nya di partisi Data sehingga apabila direstore ke Partisi System, data kita terselamatkan. Jangan sekali-kali menyimpan data di C:\ (System). Selamat mencoba !!!

 

 
Leave a comment

Posted by on November 20, 2010 in Membuat Image Partisi Hardisk

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: