RSS

Panduan Tepat Memilih Modem 3G

28 Feb

Panduan Tepat Memilih Modem 3G

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik.
Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak  jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut modem, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Cara memilih modem :

Memilih modem internet yang sesuai untuk keperluan internet anda sangatlah penting. Karena pilihan modem akan mempengaruhi harga yang harus anda bayar dan juga kualitas dari modem itu sendiri. Kecepatan akses internet selain tergantung dari penyedia internet anda, juga sangat tergantung dari jenis modem internet yang dipakai.
Sehingga sangatlah bijak jika anda ingin komputer anda tersambung dengan internet melalui modem, maka terlebih dahulu anda harus memperhitungkan kecepatan internet yang disediakan oleh penyedia internet anda. Apakah kecepatan dari paket layanan internet yang anda pilih hanya sebatas GPRS atau sudah mendukung 3G, atau bahkan telah mendukung jaringan HSDPA dan HSUPA.
Jangan sampai modem yang anda pilih tidak mampu menjembatani koneksi internet anda yang cepat atau tinggi. Dan juga jangan sampai sebaliknya. Pilihlah modem internet yang sesuai dengan kecepatan internet anda.

 

Berikut cara-cara dalam memilih MODEM #,5 G yang tepat…

* Pilihlah modem yang anda inginkan, apakah untuk slot PCMCIA atau USB. Untuk slot PCMCIA, pastikan anda mempunyai slot ini di notebook anda atau jika anda memakai PC Desktop, pilihlah modem PCMCIA yang bundled dengan interface PCI-nya. Menurut teman-teman yang memakai modem PCMCIA, modem ini lebih ‘bandel’ dibandingkan dengan modem USB karena connection dengan notebook atau desktop lebih solid, kelemahannya adalah drivernya harus diinstall secara manual. Untuk modem USB, modem ini lebih compact dan mudah dibawa. Instalasi drivernya akan secara otomatis terinstall dari firm software yang tersimpan di modem tersebut. Memang harga modem PCMCIA relatif lebih murah dengan modem USB.  Jika anda mempunyai handphone 3G(WCDMA) atau 3.5G (HSDPA), anda dapat menggunakannya sebagai modem tetapi hati-hati dengan memakaian yang terus-menerus karena akan merusak battery-nya.

* Pilihlah kecepatan atau speed maksimum dari modem yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sekarang, harga modem 3.5G dengan kecepatan maksimum 1,8 Mbps sudah turun, dengan spesifikasi ini, jika QoS atau bandwidth wireless internet anda hanya 256 kbps, kecepatan modem tersebut sudah lebih dari cukup atau anda bisa menggunakan handphone 3G anda sebagai modem.

* Pilihlah modem USB yang berbentuk stick karena akan mempermudah anda bergerak tanpa harus repot memegang modem tersebut.

* Pilihnya modem yang mempunyai fitur tambahan. Ada modem USB yang mempunyai slot Micro SD, jadi anda tinggal menambah Micro SD dan modem anda dapat digunakan sebagai flash memory.

JANGAN LUPA PERTIMBANGKAN HAL-HAL BERIKUT….

1. Garansi
Di pasaran terdapat 3 jenis garansi yaitu 1 Bulan, 3 Bulan dan 12 Bulan (1 Tahun).Biasanya untuk garansi yang makin singkat harga modemnya lebih murah, tetapi hal itu tidak menjamin modem tersebut bagus.Apabila kebetulan anda memdapatkan modem yang awet / tidak rusak maka Anda sedang beruntung, tetapi Apabila Anda mendapatkan
modem bermasalah dan sudah lewat masa garansi yang rusak maka Anda juga yang rugi besar.Untuk memperbaiki modem tersebut juga memerlukan biaya dan setelah di hitung-hitung harganya bisa lebih mahal dari modem yang
garansi 12 Bulan ( 1 Tahun).Jadi untuk amannya mendinggan beli modem yang bergaransi 12 Bulan (1 Tahun) dari distributor resmi.

2. Merek
Zaman sekarang banyak sekali merek modem antara lain : Modem Huawei, ZTE, O2, Siera, GT-Max, Toshiba, Novatel, Option, Speed Up, Area dan sebagainya. Tetapi yang paling baik adalah mencari informasi di forum dan test benchmark.Dari forum tersebut kita bisa belajar dari pengalaman orang lain.

3. Speed / Kecepatan (Mbps) :
Pada umumnya kecepatan suatu modem akan mempengaruhi harganya.Speednya semakin tinggi (ada yang 7.2Mbps, 3.6 Mbps, 1.8 Mbps) maka harga modemnya juga biasanya lebih mahal begitu pula sebaliknya. Ada juga yang menekankan HSUPA dimana uploadnya 2Mbps lebih tinggi dari HSDPA

4. Dukungan Software

* Ada beberapa software yang memiliki kemampuan untuk merubah setting dari setting 3.5G menjadi 3G atau 2G. Ini sangat penting karena dari beberapa kali pengalaman saya pribadi yang pernah menggunakan Telkom Flash dan 3 serta IM2, apabila quota sudah habis dan sinyal kurang baik maka saya akan merubah setting ini dan terkadang siasat ini cukup berhasil mendapatkan speed yang baik. Memang menurunkan setting dari 3.5G (HSDPA) ke 2G (GPRS) akan menurunkan speed akan tetapi jika terus mempertahankan ke mode 3.5G tapi tanpa sinyal dan speed yang selalu dibawah rata2 sebaiknya di coba perubahan ini (Bisa jadi perubahan ini adalah unsur kesengajaan dari pihak operator, jadi kita harus menyesuaikan perubahan ini juga).

* Terkadang kita sangat kesal karena tiba2 koneksi terputus secara tiba. Ini disebabkan karena dua hal. Yang pertama tidak adanya sinyal (terlihat dari tidak stabilnya bar indikator sinyal) atau ada masalah dengan operator sendiri. Yang kedua adalah akibat panas yang berlebihan sehingga software modem akan berusaha untuk memutuskan koneksi, hal ini mungkin untuk menghindari kerusakan hardware. Perlu diingat kalau sinyal yang turun naik bisa menyebabkan panas yang berlebih pada hardware.

* Pakailah operator yang sinyalnya paling kuat di wilayah anda dan jangan lupa bandingkan harganya.

 
Leave a comment

Posted by on February 28, 2011 in Panduan Tepat Memilih Modem 3G

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: